Tentang Sublimasi

Selama ini banyak orang mengenal sublimasi adalah bagian dari proses kimia yang merupakan perubahan dari benda padat ke gas, tanpa berubah dahulu menjadi cair. Sedangkan menurut teknologi pewarnaan, Sublimasi adalah pemindahan gambar cetakan menjadi substrat sintetis dengan aplikasi panas. Dalam artikel kali ini kami akan membahas tentang sublimasi dalam teknologi pewarnaan yang digunakan dalam pembuatan apparel dengan menggunakan mesin digital printing Sublimasi (printer sublim).

Seiring dengan perkembangan teknologi mesin digital printing yang terus meningkat, beberapa produsen merk-merk mesin terkenal seperti Epson, Mutoh, Mimaki, dan Roland mulai mengembangkan printer Sublimasi. Merk-merk terkenal tersebut yang awalnya memproduksi mesin untuk mencetak foto, spanduk/banner, sticker, dan poster, kini juga memproduksi mesin sublimasi yaitu mesin yang digunakan untuk mencetak gambar di kertas sublim dan mentransfer  gambar tersebut ke bahan kain yang mengandung polyester dengan menggunakan mesin pemanas (kain drifit, voal, maxmara, satin, higet, polycot, dll) untuk dijadikan produk jadi seperti jersey olahraga, hijab printing, bantal printing, jaket printing, dll yang berhubungan dengan sublimasi apparel.

Pada awalnya hanya beberapa pelanggan yang menggunakan mesin sublimasi karena pada saat itu harga sepaket mesin sublim (mesin printer sublimasi dan mesin pemanas) bisa dibilang sangat mahal. Seiring berjalannya waktu, permintaan produk-produk sublimasi mulai ramai peminat. Para pengusaha garment dan apparel dari yang besar sampai yang UMKM pun mulai berlomba-lomba memproduksi barang-barang yang berkaitan dengan sublimasi, mereka mulai berinvestasi mesin sublimasi untuk memenuhi kebutuhan cetak apparel pelanggannya.

Mesin sublime dengan kualitas bagus akan mendapatkan hasil cetak produk yang bagus pula. Begitu pula dengan para pengusaha garment dan apparel, mereka berusaha membuat produk sebagus mungkin dengan menggunakan mesin-mesin handal dan berkualitas untuk menjaga kualitas produk mereka. Dengan kualitas produk yang baik, maka harga jual akan semakin tinggi, dan BEP (balik modal) akan lebih cepat tercapai.

Akhir-akhir ini harga mesin sublime cukup terjangkau, banyak pengusaha sublim memiliki printer sublime lebih dari 1 unit, itu karena kebutuhan cetak yang terus meningkat dan dead line yang singkat untuk menyelesaikan pesanan. Persaingan semakin ketat tapi kue nya juga semakin besar, setiap pengusaha sublime pasti punya pelanggan masing-masing dengan kualitas masing-masing.

Pesan Penulis : Rejeki sudah ada yang atur, ada baiknya untuk saling menjaga harga agar tidak hancur-hancuran. Lebih baik main dikualitas dengan harga normal/tinggi dari pada main hancur-hancuran harga dengan kualitas yang seadanya yang dapat merusak reputas.

Terima Kasih… Salam Sukses…

No Comments

Sorry, the comment form is closed at this time.