Tutorial Print Sublim

PRINT SUBLIM, kata tersebut mungkin awam untuk beberapa orang. Kebanyakan orang tahu kata sublim/sublimasi sejak SD melalui mata pelajaran IPA. Tapi untuk sublime printing ada beberapa orang kurang memahami cara kerjanya. Proses print sublim sangat sederhana, bahkan sudah banyak orang yang sudah memahami cara kerjanya.

Berikut adalah proses print sublim dari awal hingga jadi produk berupa baju/hijab :

  1. Design di setting mirror (terbalik), atur posisi gambar sesuai kebutuhan.
  2. Pastikan printer sublime dalam keadaan menyala, kemudian print gambar yang sudah disetting tadi.
  3. Hasil print sublime dikeringkan (ditaruh/dibiarkan/di angin-angin) beberapa saat agar tinta mengering (apabila printer tidak menggunakan pemanas/kipas pengering tinta).
  4. Pastikan mesin press pemanas sudah mencapai titik panas yang sudah ditentukan.
  5. Siapkan bahan/kain yang akan disublim, Press kain terlebih dahulu sebelum disublim (5 detik) agar kain lurus dan rata.
  6. Press kain tersebut dengan kertas sublime yang sudah diprint tadi, umumnya suhu 200 – 220 derajat Celcius selama 25 – 40 detik untuk mesin pemanas manual/hidrolik, untuk mesin pemanas roll suhunya sama sedangkan speednya sesuai kebutuhan.
  7. Kain sudah disublim, gambar sudah tertransfer ke kain (hasil cetak maksimal terlihat bila hasil press ke kain warnanya matang sesuai dengan design di komputer)
  8. Untuk pembuatan jersey perlu finishing berupa jahit dan obras, ada juga yang ditambah bordiran dan polyflex untuk mempercantik produk. Untuk hijab printing umumnya dilaser bagian tepinya, ada juga yang dijahit ditepinya.
  9. Produk sudah jadi, siap dipasarkan.

Terima kasih, info WA 0812 3531 0686

 

No Comments

Sorry, the comment form is closed at this time.